Artikel Tentang Blog

A. Definisi Blog

Blog merupakan singkatan dari “web log”. Weblog sendiri merupakan singkatan dari “Logging The Web”yang merupakan bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.Banyak orang mengarikan blog dengan bahasanya sendiri seperti menurut beberapa sumber yang telah ditemukan.

Menurut Labibah Zain ( Pendiri Blogger Family):

Web dan log (weblog) adalah media di mana pemiliknya menuliskan catatan pengalaman pribadi, opini berupa tulisan maupun gambar yang bisa terus diperbarui dan diakses melalui internet. Pemilik weblog-disebut weblogger-bebas mencurahkan pemikiran baik berupa tulisan maupun gambar di situ, melengkapi dengan desain yang diingini dan melengkapinya dengan fasilitas yang memungkinkan terjadinya interaksi antara pemilik dan pengunjung weblog-nya.

Menurut wikipedia Indonesia:

Sebuah Weblog, Web log atau singkatnya Blog, adalah sebuah aplikasi web yang memuat secara periodik tulisan-tulisan (posting) pada sebuah webpage umum. Posting-posting tersebut seringkali dimuat dalam urutan posting secara terbalik, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web semacam itu biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Definisi Blog Versi Bloggingly:

Blog adalah website dengan konten (konten bisa berupa teks, gambar, link, audio atau video) yang di-update secara berkala serta mewakili dan berdasarkan sudut pandang ‘karakter’ tertentu yang menjadikan kontennya khas (umumnya menggunakan sudut pandang personal). Standarnya, konten blog diurutkan secara kronologis terbalik (konten baru di depan, konten lama di belakang) dan dapat dikomentari.

Definisi Blog sebagai media Jurnalisme:

Blog adalah self publishing journalism, saya mencoba bertolak pikir dari terminologi ini. Self publishing journalism saya artikan secara sederhana sebagai jurnalisme yang dipublikasikan secara mandiri, independen.

B. Sejarah Blog 

Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman What’s New pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Kalau kita masih ingat, Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape. Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya Justin’s Home Page yang kemudian berubah menjadi Links from the Underground yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.
Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada diluar sana belumlah seberapa. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.
Pada Agustus 1999 sebuah perusahaan Silicon Valley bernama Pyra Lab meluncurkan layanan Blogger.com (diakuisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu) yang memungkinkan siapapun dengan pengetahuan dasar tentang HTML dapat menciptakan Blog-nya sendiri secara online dan gratis. Walaupun sebelum itu (Juli 1999) layanan membuat Blog online dan gratis yaitu Pitas telah ada dan telah membuat Blogger bertambah hingga ratusan, tapi jumlah Blog tidak pernah bertambah banyak begitu rupa sehingga Blogger.com muncul di dunia per-blog-an. Blogger.com sendiri saat ini telah memiliki hingga 100.000 Blogger yang menggunakan layanan mereka dengan pertumbuhan jumlah sekitar 20% per bulan. Blogger.com dan Pitas tentu tidak sendirian, layanan pembuat blog online diberikan pula oleh Grouksoup, Edit this Page dan juga Velocinews.
Sejak saat itu Blog kian hari kian bertambah hingga makin sulit untuk mengikutinya. Eatonweb Portal adalah salah satu daftar Blog terlengkap yang kini ada diantara daftar Blog lainnya. Ribuan Blog kemudian bermunculan dan masing-masing memilih topik bahasannya sendiri, dimulai dari bagaimana menjadi orang tua yang baik, hobi menonton film, topik politik, kesehatan, sex, olahraga, buku komik dan macam-macam lagi. Bahkan Blogger ada Blog tentang barang-barang aneh yang dijual di situs lelang Ebay yang bernama Who Would By That?. Cameron Barret menulis pada Blog-nya essay berjudul Anatomy of a Weblog yang menerangkan tema dari Blog. “Blog seringkali sangat terfokus pada sebuah subjek unik yaitu sebuah topik dasar dan/atau sebuah konsep yang menyatukan tema-tema dalam Blog tersebut.” Secara sederhana topik sebuah Blog adalah daerah kekuasan si Blogger-nya tanpa ada editor atau boss yang ikut campur, tema segila apapun biasanya dapat kita temukan sejalan dengan makin bermunculannya Blog di Internet. Dan ide itu telah terpikirkan, Blogger bahkan sekarang telah membuat Blog dari Blog, dan bahkan Blog dari Blog dari Blog.
Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

1. Jenis – Jenis Blog

Blog memiliki beberapa jenis sesuai dengan kebutuhan orang yang mengguakan blog (bloger). Adapun jens-jenis blog yang sering di gunakan oleh para bloger adalah sebagai berikut:
a) Personal Blog
Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
b) Blog bertopik
Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu
c) Blog kesehatan
Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
d) Blog sastra
Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
e) Blog perjalanan
Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
f) Blog riset
Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
g) Blog hukum
Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
h) Blog media
Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televise
i) Blog agama
Membahas tentang agama
j) Blog pendidikan
Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
k) Blog kebersamaan
Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
l) Blog petunjuk (directory)
Berisi ratusan link halaman website.
m) Blog bisnis
Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
n) Blog pengejawantahan
Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
o) Blog pengganggu (spam)
Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)

p) Blog politik
Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).

2. Budaya Ngeblog

Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk blogging) harus dilakukan hampir setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog. Juga untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat (mengganti template) atau menambah artikel. Sekarang ada lebih 10 juta blog yang bisa ditemukan di Internet. Dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali software, tool, dan aplikasi Internet lain yang mempermudah para blogger (sebutan pemilik blog) untuk merawat blognya. Selain merawat dan terus melakukan pembaharuan di blognya, para blogger yang tergolong baru pun masih sering melakukan blogwalking, yaitu aktivitas dimana para blogger meninggalkan link di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar. Beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama. Sehingga kemudian muncullah istilah profesional blogger, atau problogger, orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog. karena memang faktanya banyak chanel-chanel pendapatan dana baik berupa dolar maupun rupiah dari aktivitas ngeblog ini.

3. Resiko Kejahatan

Karena blog sering digunakan untuk menulis aktivitas sehari-hari yang terjadi pada penulisnya, ataupun merefleksikan pandangan-pandangan penulisnya tentang berbagai macam topik yang terjadi dan untuk berbagi informasi – blog menjadi sumber informasi bagi para hacker, pencuri identitas, mata-mata, dan lain sebagainya. Banyak berkas-berkas rahasia dan penulisan isu sensitif ditemukan dalam blog-blog. Hal ini berakibat dipecatnya seseorang dari pekerjaannya, diblokir aksesnya, didenda, dan bahkan ditangkap.

4. Cara Menulis Artikel Di Blog

1. Kotak Judul Artikel. Ketik judul artikel yang anda inginkan pada kotak tersebut. Misalnya : Cara menulis artikel di blogspot.

2. Tombol “Publikasikan”, “Simpan”, “Pratinjau”, dan “tutup”.

  • Publikasikan : Berfungsi untuk menerbitkan atau mempublikasikan  artikel yang telah selesai ditulis. Dalam bahasa yang lebih mudah, tombol ini berfungsi untuk memasukkan artikel kedalam blog dan menampilkannya di internet.
  • Simpan : Berfungsi untuk menyimpan artikel di konsep. Kadang untuk menulis artikel, kita membutuhkan waktu beberapa jam. Karena ada keperluan tapi artikel belum selesai di ketik, gunakan tombol ini untuk menyimpan artikel yang telah di ketik sebelumnya agar bisa melanjutkan menulis artikelnya di lain waktu. Note : tools ini juga bekerja otomatis.
  • Pratinjau : Berfungsi untuk melihat tampilan artikel di blog setelah dipublikasikan
  • Tutup : Berfungsi untuk menutup halaman “Post Editor” blogspot dan akan di arahkan ke halaman “All Post” ( Termasuk artikel yang ada di konsep )

3. Tools untuk mengedit tulisan di artikel.
Terlalu banyak tools disini, karena itu saya akan bagi bagian nomor 3 ini menjadi beberapa bagian agar penjelasan “Cara menulis artikel di blogspot” ini lebih mudah dimengerti.

Bagian I :

Tombol Compose, HTML, Panah ke kiri dan kanan, Huruf F miring, 2 Huruf T dan kotak dengan tulisan normal.

cara menulis artikel, menulis artikel yang baik, langkah - langkah menulis artikel, teknik menulis artikel, cara menulis artikel yang baik dan benar, cara menulis artikel di blogger, post editor blogspot, panduan menulis artikel yang baik dan benar di blogspot
Gambar 1. Cara menulis artikel di blog
  • Tombol Compose dan HTML : Disebut juga dengan mode Compose dan Mode HTML. Secara default, saat masuk ke post editor blog, anda akan berada pada mode Compose. Gunakan mode compose untuk menulis artikel atau tulisan biasa. Gunakan mode HTML untuk mengedit kode HTML artikel, misalnya menambahkan tag ALT pada gambar, memasukkan text area ke dalam artikel, membuat kotak, dll yang membutuhkan pengeditan kode HTML.
  • Gambar panah ke kiri dan kanan : Berfungsi untuk kembali dan maju atau undo dan redo. Fungsinya sama dengan yang ada di ms word, corel photoshop, dan program lain yang umumnya ada di komputer.
  • Huruf “F” miring : Berfungsi untuk mengatur jenis huruf. Cara menggunakannya : highlight tulisan yang ingin di ganti jenis hurufnya lalu gunakan tools tersebut. Note :Klik, tahan, lalu seret mouse di dekat tulisan untuk highlight tulisan di artikel
  • 2 Huruf T besar : Berfungsi untuk mengatur besar huruf dia artikel. Template blog telah mengatur besar jenis huruf artikel, jika ingin membuat kata atau kalimat dengan huruf yang lebih besar atau kecil, gunakan tools ini. Cara menggunakannya sama dengan cara mengganti jenis huruf.
  •  Kotak putih dengan tulisan “Normal” : Cara menggunakannya sama dengan cara mengganti huruf. Gunakan “normal” untuk tulisan biasa.
Bagian II.

Huruf “B“, “I“, “U“, dan ABC. Cara menggunakan tools ini sama dengan cara mengganti jenis huruf tulisan. Fungsi masing masing tools :

cara menulis artikel, menulis artikel yang baik, langkah - langkah menulis artikel, teknik menulis artikel, cara menulis artikel yang baik dan benar, cara menulis artikel di blogger, post editor blogspot, panduan menulis artikel yang baik dan benar di blogspot
Gambar 2. Cara menulis artikel di blog
  • B : Untuk membuat huruf BOLD ( Huruf tebal )
  • I : Untuk membuat tulisan miring
  • U : Untuk membuat huruf dengan garis bawah
  • ABC : Untuk membuat coretan pada tulisan
Bagian III.

Huruf A besar dan gambar pensil patah, eh sorry, gambar kaki, bukan, gambar pipa, cara menulis artikel, menulis artikel yang baik, langkah - langkah menulis artikel, teknik menulis artikel, cara menulis artikel yang baik dan benar, cara menulis artikel di blogger, post editor blogspot, panduan menulis artikel yang baik dan benar di blogspot cara menulis artikel, menulis artikel yang baik, langkah - langkah menulis artikel, teknik menulis artikel, cara menulis artikel yang baik dan benar, cara menulis artikel di blogger, post editor blogspot, panduan menulis artikel yang baik dan benar di blogspot cara menulis artikel, menulis artikel yang baik, langkah - langkah menulis artikel, teknik menulis artikel, cara menulis artikel yang baik dan benar, cara menulis artikel di blogger, post editor blogspot, panduan menulis artikel yang baik dan benar di blogspotsepertinya masih salah. Saya juga tidak tahu itu gambar apa. Lihat saja gambar di bawah ini :

cara menulis artikel, menulis artikel yang baik, langkah - langkah menulis artikel, teknik menulis artikel, cara menulis artikel yang baik dan benar, cara menulis artikel di blogger, post editor blogspot, panduan menulis artikel yang baik dan benar di blogspot
Gambar 3. Cara menulis artikel di blog
  • Huruf A besar : berfungsi untuk memberi warna pada tulisan ( Huruf, Kata atau Kalimat )
  • Gambar tidak tidak tahu namanya cara menulis artikel, menulis artikel yang baik, langkah - langkah menulis artikel, teknik menulis artikel, cara menulis artikel yang baik dan benar, cara menulis artikel di blogger, post editor blogspot, panduan menulis artikel yang baik dan benar di blogspot: Berfungsi untuk memberikan background (Latar belakang ) warna pada tulisan. Cara menggunakan kedua tools ini sama dengan cara mengganti jenis huruf.
Bagian IV.

Tulisan Link, Gambar Pemandangan, Palang Hitam, dan Kertas Robek.

cara menulis artikel, menulis artikel yang baik, langkah - langkah menulis artikel, teknik menulis artikel, cara menulis artikel yang baik dan benar, cara menulis artikel di blogger, post editor blogspot, panduan menulis artikel yang baik dan benar di blogspot
Gambar 4. Cara menulis artikel di blog
  • Tulisan link : Berfungsi untuk memberi link pada kata atau kalimat di artikel. Cara menggunakannya : highlight tulisan yang ingin di beri link, lalu klik tools tersebut. Pada kotak Popoup window yang muncul, masukkan url tujuan link pada kotak “Web Address” lalu klik “OK”.
  • Gambar pemandangan : Berfungsi untuk memasukkan gambar ke dalam artikel. Cara menggunakannya : Klik tools tersebut, saat muncul kotak dialog, pilih sumber gambar anda lalu klik tombol “Add Selected”. Penjelasan lengkap bagian ini akan saya bahas di artikel khusus.
  • Palang Hitam. Saya menyebutnya seperti itu karena saya juga tidak tahu itu gambar apa. Sepertinya lebih mirip dengan yang dipakai tim pembuat film action cara menulis artikel, menulis artikel yang baik, langkah - langkah menulis artikel, teknik menulis artikel, cara menulis artikel yang baik dan benar, cara menulis artikel di blogger, post editor blogspot, panduan menulis artikel yang baik dan benar di blogspot cara menulis artikel, menulis artikel yang baik, langkah - langkah menulis artikel, teknik menulis artikel, cara menulis artikel yang baik dan benar, cara menulis artikel di blogger, post editor blogspot, panduan menulis artikel yang baik dan benar di blogspot . Fungsinya untuk memasukkan Video ke dalam artikel. Cara menggunakannya sama dengan cara memasukkan gambar ke dalam artikel.
  • Kertas Robek. Berfungsi untuk memotong artikel agar artikel yang tampil di homepage (beranda / halaman depan blog ) tidak terlalu panjang. Sangat jarang blogger yang menggunakan tools ini. Kebanyakan menggunakan “Read More” otomatis agar tampilan home page blog lebih rapih dan lebih menarik.
Bagian V.

Tulisan kecil rata kiri, Tulisan 123 berjejer kebawah, 3 lingkaran berjejer ke bawah, dan gambar 2 cangkul patah.

cara menulis artikel, menulis artikel yang baik, langkah - langkah menulis artikel, teknik menulis artikel, cara menulis artikel yang baik dan benar, cara menulis artikel di blogger, post editor blogspot, panduan menulis artikel yang baik dan benar di blogspot
Gambar 5. Cara menulis artikel di blog
  • Tulisan kecil rata kiri ( Alignment ) : Berfungsi untuk mengatur perataan huruf. Cara menggunkannya sama dengan cara mengganti huruf
  • Tulisan 123 berjejer ke bawah ( Numbered List ) : Berfungsi untuk memberikan penomoran pada tulisan.
  • Lingkaran berjejer ke bawah ( Bullet List ) : Berfungsi untuk memberikan bullet ( icon kecil di depan kalimat ).
  • Gambar Cangkul patah ( Quote ) : Berfungsi untuk memberikan quote / blockquote pada kalimat yang kita inginkan.
  • Huruf T dengan silang Merah : berfungsi untuk menghapus format tulisan, misalnya menghilangkan bullet pada kalimat.
  • Huruf ABC dengan Tanda checklist : Berfungsi untuk melihat spelling tulisan di artikel.

4. Gambar 4 adalah kotak untuk menulis artikel. Untuk menulis artikel lalu menampilkannya di blog

5. Setelan Entri
Setelan Entri berfungsi sebagai menu makanan tambahan artikel. Penjelasan masing masing tools di bagian 5 ini adalah sebagai berikut :

  • Label : Berfungsi untuk memberi label pada tulisan. misalnya artikel dengan judul “Cara menulis artikel di blog” di beri label “dasar blogspot”. Sebuah artikel bisa diberi beberapa label. Misalnya : dasar blogspot, tutrial, blogspot. Jika menggunakan beberapa label pada 1 tulisan, pisahkan label satu dan yang lain dengan koma. Cara menggunakannya : klik Tulisan “Label“, masukkan nama label yang di inginkan pada kotak yang tersedia, lalu klik “Simpan”.
  • Jadwal : Berfungsi untuk mengatur waktu penerbitan artikel yang di inginkan.
  • Lokasi : Berfungsi untuk menentukan lokasi anda.  Cara menggunakannya : Klik tulisan “Lokasi“. Masukan nama kota dan negara pada kotak putih lalu klik “Search“. Jika kota sudah ditemukan ( Lihat gambar petanya ), klik tombol “Selesai“.
  • Tautan Lampiran : Befungsi untuk melampirkan Link pada artikel
  • Uraian penelusuran : Berfungsi untuk memasukkan deskripsi artikel.
  • Pilihan : Berfungsi untuk mengatur komentar artikel, Penafsiran HTML, dan perintah Enter.

Terima Kasih untuk beberapa sumber yg saya gunakan untuk mengerjakan tugas sekolah ini.

Sumber:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s