Tips Persiapan Mengikuti Tes Sipencatar

Jumlah peminat yang ingin mengikuti tes sipencatar memang tidak sebanyak jumlah peminat SNMPTN ataupun SBMPTN. Tapi, apa sih sipencatar itu?

Kata sipencatar memang masih terdengar asing di sebagian kalangan remaja. Sipencatar adalah singkatan dari Seleksi Penerimaan Calon Taruna. Bagi para remaja atau pelajar yang memang memiliki minat terhadap sekolah kedinasan pasti sudah tidak asing lagi dengan kata ini.

Mengapa SNMPTN dan SBMPTN lebih terkenal dan lebih banyak diikuti oleh para pelajar? Karena, biasanya sekolah-sekolah lebih memperkenalkan murid-muridnya kepada Perguruan Tinggi Negeri. Jarang sekali sekolah yang mensosialisasikan Sekolah Kedinasan kepada murid-muridnya. Oleh karena itu, lebih banyak pelajar yang mengetahui perguruan tinggi negeri daripada sekolah kedinasan. Padahal, sekolah kedinasan juga termasuk negeri loh, karena ia berada langsung di bawah naungan pemerintah.

Tapi, bukan berarti masuk sekolah kedinasan itu mudah. Bukan juga berarti saingan untuk mengikuti tes sipencatar itu sedikit. Justru sebaliknya, tes sipencatar memiliki beberapa tahap (dapat dikatakan tidak mudah), dan menggunakan sistem gugur. Jadi, jika kita gugur pada tes tahap pertama, maka kita tidak bisa melanjutkan tes tahap selanjutnya.

Dapat dikatakan, tes sipencatar lebih keras daripada tes SBMPTN. Karena, para catar (calon taruna) tidak hanya mengandalkan otak, tapi juga harus mengandalkan kekuatan fisik dan mental. Saingannya pun tidak kalah sulit dengan saingan yang mengikuti tes SBMPTN.

Tahap-tahap 

Biasanya, tes sipencatar memiliki dua tahap. Tahap pertama adalah tes akademik. Sedangkan, tahap kedua berisi serangkaian tes, seperti tes psikotes, tes kesehatan, tes kesamaptaan, dan tes wawancara. Berbeda jika Anda mengambil jurusan penerbang. Anda akan menemui serangkaian tes lagi setelah kedua tahap tes di atas, seperti tes kesehatan tahap selanjutnya, tes bakat terbang, dan lain-lain.

Dalam tes akademik, biasanya berisi soal dari mata pelajaran Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris. Jadi, tips pertama untuk Anda yang akan atau ingin mengikuti tes ini, sebaiknya anda pelajari Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris dengan cukup matang. Tidak akan ada waktu untuk menyontek jawaban teman sebelah, karena selain ketiga mata pelajaran di atas, Anda juga harus mengisi tes bakat skolastik.

Psikotest

Jika berhasil lolos, maka Anda akan mendapat jadwal untuk melanjutkan tes tahap kedua. Untuk tes psikotes, Anda harus pandai mengkondisikan diri agar tidak bosan. Dalam tes ini, para catar bisa saja mudah mengantuk, karena Anda hanya akan duduk diam selama beberapa jam dan mengisi berbagai macam soal aneh.

Sebaiknya, Anda tidak memikirkan berbagai macam hal selama tes ini, agar bisa berkonsentrasi penuh dan menghindari blank saat mengisi soal. Perlu diketahui, waktu dan kecepatan menjawab soal cukup berpengaruh, karena Anda akan mengisi soal di bawah tekanan waktu yang sudah ditentukan.

Setelah psikotes, tes kesehatan juga cukup memakan tenaga. Anda harus melalui cukup banyak pemeriksaan pada tes ini. Mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki, depan belakang tubuh, sampai luar dalam tubuh akan diperiksa. Sebelum melakukan tes ini, sebaiknya Anda beristirahat yang cukup dan jangan begadang.

Menurut beberapa sumber, dengan minum susu beruang pada malam harinya cukup efektif untuk membersihkan organ-organ pencernaan tubuh. Selain itu, berpuasa sejak malam hari hingga tes menjelang juga disarankan, agar hasil tes bisa lebih maksimal. Satu lagi yang perlu diingat, jangan makan sembarangan sebelum tes. Jika perlu, perbanyaklah makan sayur dan minum air putih.

Kesamaptaan

Satu lagi tes yang menguji fisik dan mental Anda, ialah tes kesamaptaan. Tes kesamaptaan merupakan tes yang menguji fisik Anda dalam berolahraga. Biasanya, tes ini berupa lari dalam jangka waktu 12 menit, push up 1 menit, sit up 1 menit, dan shuttle run 3 kali dan tentunya dengan waktu yang sudah ditetapkan.

Dalam berlari, Anda harus pandai mengatur stamina, agar tidak kehabisan tenaga saat menit-menit terakhir. Saran saya, pada menit-menit awal sampai pertengahan sebaiknya lari dengan seirama. Menjelang menit-menit akhir saat orang lain sudah mulai kehabisan tenaga, Anda dapat mengejar mereka dengan berlari kencang karena Anda masih menyimpan cukup tenaga. Hal ini cukup ampuh untuk menambah jarak tempuh lari Anda. Dan yang paling penting, jangan berjalan apalagi sampai pingsan pada bagian tes ini.

Untuk push up dan sit up sendiri, alangkah baiknya jika Anda berhasil melakukan lebih dari 20 push up dan sit up untuk perempuan, dan lebih dari 30 push up dan sit up untuk laki-laki. Untuk lari shuttle run, yang dimaksud di sini ialah lari membentuk angka 8. Kecepatan lari diperlukan, karena seberapa cepat Anda berlari, waktunya akan sangat diperhitungkan.

Sebaiknya Anda sudah membawa minum sendiri, karena Anda akan merasa cukup lelah setelah tes ini. Tidak ada waktu istirahat saat melakukan tes kesamaptaan.

Wawancara

Terakhir, tes yang cukup membuat Anda berdebar tidak karuan, yaitu tes wawancara. Akan ada banyak instruktur, pembina, ataupun orang dari diklat perhubungan untuk mewawancarai para catar. Biasanya, dua orang instruktur atau pembina atau semacamnya akan mengetes satu catar. Mereka akan menanyai berbagai macam hal, mulai dari soal mata pelajaran yang bersangkutan, riwayat hidup, keuangan, bahkan tidak jarang instruktur yang meminta untuk melakukan gerakan baris berbaris sendirian.

Di sini, Anda harus menjawab apapun pertanyaannya dengan menggunakan bahasa Inggris. Jadi, sebaiknya Anda perlu berlatih dan memperbanyak kosakata bahasa Inggris. Jangan pernah berbohong saat melakukan wawancara, karena itu akan menyulitkan diri sendiri. Jika seandainya Anda tidak tahu jawabannya, lebih baik Anda jawab jujur saja.

Apapun rintangan dan halangannya, teruslah berusaha dan berdoa agar mendapat yang terbaik, dan yakinkan diri sendiri bahwa Anda pasti bisa melakukannya. Tetaplah semangat dan jangan menyerah kepada serangkaian tes tersebut, karena negara membutuhkanmu!

Advertisements

2 thoughts on “Tips Persiapan Mengikuti Tes Sipencatar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s