Jangan Sepelekan Sabuk Pengaman di Pesawat

Sabuk pengaman. Tak jarang orang malas menggunakan sabuk pengaman ketika berkendara, baik ketika mengendarai maupun dikendarai.

Namun, jangan sepelekan sabuk pengaman ketika Anda berada di pesawat. Mengapa?

Karena ketika turbulensi (german: turbulenzen) terjadi, Anda akan tetap aman dan tidak akan mengalami cedera.

Tapi, apa sih turbulensi itu?

Turbulensi adalah gerakan udara yang tidak beraturan, atau berputar tidak beraturan akibat perbedaan tekanan.

Turbulensi menyebabkan adanya guncangan pada pesawat sehingga pesawat terasa seperti sedang melewati jalanan rusak atau tidak rata.

Dalam dunia penerbangan, turbulensi bukan hal asing dan sudah biasa terjadi. Penumpang tidak perlu panik, karena turbulensi sebenarnya tidak berbahaya.

Ketika turbulensi terjadi, pilot dan kopilot akan berusaha menemukan rute terbaik yang bisa dilalui. Sementara itu, pramugara dan pramugari akan berusaha memastikan penumpang agar tetap tenang dan tidak panik, apalagi jika penumpang sampai panik berlebihan.

Apa yang perlu dilakukan?

Hal yang perlu dilakukan penumpang hanyalah tetap duduk di kursi masing-masing, dan menggunakan sabuk pengaman. Kemudian perhatikan instruksi dari kru pesawat. Jangan berusaha bangun dari kursi apalagi sampai berjalan di lorong, karena penumpang bisa saja terlempar dan berujung pada cedera.

Selain itu, pintu “bagasi” yang berada di atas kursi penumpang bisa saja terbuka dan menyebabkan barang-barang jatuh dan menimpa penumpang. Hal ini yang sering menyebabkan penumpang terluka ketika turbulensi pesawat terjadi.

Namun sekali lagi, penumpang tidak perlu khawatir. Turbulensi pesawat tidak menyebabkan pesawat jatuh, karena badan pesawat sudah dirancang sedemikian rupa agar kuat menghadapi turbulensi yang sering terjadi.

Sebaiknya, terus gunakan sabuk pengaman, karena tidak ada yang tahu kapan turbulensi akan terjadi. Selain itu, sabuk pengaman juga membuat tubuh tetap aman, dan dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Advertisements

40 thoughts on “Jangan Sepelekan Sabuk Pengaman di Pesawat

  1. Pingback: Aktivitas Menghadapi Pesawat Delay – Typing…

  2. Oh gitu ya ternyata. Sebenernya kaya hal yang spele, cuma harus tetep gunain sabuk aja, tapi kalo orang” yang gatau info ini bisa berakibat fatal juga sih ya. Thankyou sep infonya 👍

    Like

  3. Makasih atas infonya kak septi,kadang orang suka lupa dengan keselamatannya. Artikelnya sangat membantu 😊

    Like

  4. Saya baru tahu tentang turbulensi ini, ternyata bahaya juga ya kalau ngak pakai seatbelt. Thank you infonya ya

    Like

  5. Good information for another people who don’t know about safety belt. Thank you so much for your information, Septie! Awaiting your next article about another important information again.

    Mancing mania, mantaaaaaap😎👍

    Like

  6. Wahai author..
    Sulit membaca dg tulisan abu2 dan background hitam….
    Kontennya cukup memberi informasi apa lagi buat orang2 yg baru pertama terbang..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s