Kantek, Lahan Mahasiswa Merokok

Asap putih itu membumbung memenuhi udara ruang kantek. Terdengar keluhan dari beberapa mahasiswa, “Huh, bau banget deh.”

Tidak hanya bapak-bapak, mahasiswa kini juga senang menghisap tembakau yang disulut.

Sebelumnya, apa itu kantek? Kantek adalah singkatan dari kantin teknik, yakni kantin yang berada di dekat gedung jurusan teknik.

“Kenapa sih, harga rokok tidak jadi naik? Padahal kan bagus tuh, biar pada tidak merokok lagi. Sebel deh kalau sudah seperti ini, makan siang terganggu asap rokok.” Ujar salah satu mahasiswa yang sedang menunggu makan siangnya di salah satu meja kantek.

Sedangkan kantek sendiri merupakan salah satu tempat yang menurut mahasiswa nyaman untuk merokok. Karena, pertama, tidak ada yang menegur, kedua, tidak ada yang melarang. Padahal, di dekat parkiran utama terdapat tulisan “Kawasan Bebas Asap Rokok”.

Saat bertanya kepada Ahmad Zainudin, koordinator kantin, ia mengaku dari pihak IWK (yang mengelola kantin) sudah mengimbau agar tidak ada asap rokok lagi di kantin. “Tapi ya gitu, ribet kita kalau harus menegur satu per satu. Apalagi yang merokok di sini kan banyak banget. Tapi terkadang, ada juga sih yang merokok di sini sambil mengumpat-ngumpat.”

Asap putih kembali mengepul di hadapan Zainudin. Asap kali ini bukan berasal dari rokok mahasiswa, melainkan dari rokok Zainudin sendiri. Setelah “tembakau” itu dihisap, ia kembali menjauhkan rokoknya agar asapnya tidak bertebaran.

Sejak kantin didirikan, salah satu fasilitas mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta ini memang tidak ada ruang atau tempat khusus untuk merokok. Namun, terkadang ada mahasiswa yang sadar dengan sendirinya. Ia sadar tidak semua menyukai asap rokok, sehingga ia mengambil tempat paling pinggir dekat dengan ruang terbuka jika ingin merokok, agar asapnya tidak mengganggu pengunjung kantin lain.

Zainudin berharap, perubahan menghampiri kantin di PNJ lagi. Karena, jika ada larangan, maka tentunya harus ada solusi dong?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s